Selasa, 12 Juni 2012

Tips Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama


       

 TAHUKAH ANDA?: Banyak diantara kita yang sering menemui masalah dengan baterai laptop yang cepat habis dan tidak tahan lama. Mungkin pada waktu pertama kali kita membeli laptop baru, baterai bisa tahan 3-4 jam, namun setelah 1-2 tahun baterai hanya mampu bertahan 15-30 menit. Masalah baterai ini sungguh menyusahkan tentunya.
Tidak sedikit orang mempunyai cara tersendiri supaya baterai laptop tetap awet dan bisa tahan lama, yaitu dengan melepas baterai laptop ketika memakai Charger. Namun, cara seperti itu sebenarnya sangat berbahaya untuk perangkat laptop kita. Efek bahaya itu adalah bila baterai dilepas dan hanya menggunakan charger sebagai sumber energi laptop, ketika listrik tidak stabil atau tiba-tiba mati itu akan merusak hardware laptop seperti hard disk dan motherboard. Jadi, saran saya jangan pernah melepaskan baterai laptop meskipun anda sedang menggunakan charger atau tidak. Silahkan pilih baterai laptop rusak atau unit laptop yang rusak.
Pasti anda bertanya kalau baterai dipasang terus kan nanti baterai jadi lemah dan cepat habis. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips untuk memperpanjang umur baterai laptop yang sudah lemah.
Bungkus baterai laptop dengan plastik, usahakan plastik yang tidak mudah ditembus oleh air. Bungkus rapat-rapat bila perlu gunakan plester untuk merapatkan bungkusan baterai.
Setelah terbungkus dengan rapih dan kuat, masukkan ke Freezer lemari es/bahasa gaulnya kulkas selama 2-3 hari.
Sesudah 2-3 hari, kemudian keluarkan baterai dari freezer dan bungkusan kemudian keringkan dengan lap.
Sesudah kering, jemur baterai tadi di atas genteng seharian, tapi jangan dijemur waktu cuaca hujan.
Setelah semua di atas, charge baterai tadi minimal selama 1 jam. Dan rasakan perbedaan daya tahan baterai tadi.

Tips ini sudah dicoba oleh penulis dan hasilnya positif.
Sekian tips memperbaiki baterai laptop yang ngedrop atau mati. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar